Utang PD Pasar Surya Tembus Rp 23 M

Kantor PD Pasar Surya

SURABAYA-Perusahaan Daerah (PD) Pasar Surya memiliki beban utang mencapai Rp 23 miliar. Kondisi ini membuat jajaran direksi  yang baru saja mendapatkan perpanjangan SK dari Wali Kota Surabaya sebagai pelaksana  tugas,   harus  bekerja keras untuk mengangsur.
    Pelaksana tugas (Plt) Direktur Teknik PD Pasar Surya, Zandy Feryansah, menjelaskan utang itu tidak hanya terjadi pada tahun 2017, namun juga pada 2016. Utang  itu kepada rekanan karena adanya revitalisasi pasar.  Selain itu juga  utang  pada  BPJS, PBB,  pegawai outsourcing dan utang yang kecil-kecil. Sedangkan utang kepada bank tidak ada.
    “Saya tidak bisa memberikan keterangan lebih detail soal utang.  Mengacu pada perda, laporan administrasi itu ranahnnya owner  (Pemkot Surabaya, red). Kalau hanya sebatas garis besar tidak apa-apa,” kata dia.
    Untuk itu, ia bersama jajaran direksi lainnya yang diangkat lagi pada 3 Oktober dan berakhir 6 bulan ke depan, memiliki skala prioritas yang akan dikerjakan. Yang utama adalah menyelesaikan masalah pajak dan utang kepada pihak ketiga.
Selain itu mengkondisikan perfoma perusahaan termasuk SDM-nya agar mampu bekerja keras.
 “Hingga Oktober ini kami mengupayakan dan mampu mengangsur kewajiban atas hutan yang terjadi pada era yang lalu,” ujar dia,
    Ini juga untuk menjawab beberapa kalangan yang memprediksi perusahaan plat merah  akan bangkrut pada tahun in. Ternyata hingga sekarang masih bertahan.
    Bahkan  di internal sendiri cukup solid. Tidak ada gejolak atau protes karyawan. Semua sadar untuk terlibat dalam upaya pembenahan perusahaan. “Ini modal kami untuk terus berbenah,” kata dia.
    Sementara itu Kabag  Adminitrasi Perekonomian dan Usaha Daerah Kota Surabaya, Khalid, membenarkan adanya SK perpanjangan sebagai  pelaksana tugas terhadap direksi yang ada sekarang ini. Perpanjangan yang dilakukan Wali Kota Tri Rismaharini ini bertujuan  agar tidak terjadi kekosongan karena masa kerja mereka sudah habis.
    “Kami sendiri sudah membuka rekrutmen jajaran direksi PD Pasar Surya yaitu direktur utama, direktur keuangan, direktur pembinaan pedagang, dan direktur teknik.  Diperkirakan Desember besok  sudah muncul jajaran direksi yang definitif,” ujar dia. (udi/day)