Polisi Bentuk Tim Khusus Tangani Korban Kecelakaan 

AKP Ayip Rizal

SURABAYA - Guna memberikan pelayanan masyarakat, Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak akan membentuk tim khusus TACS (Traffic Accident Claim System). Dibentuknya tim ini untuk memberikan pelayanan khususnya dalam penanganan terhadap korban laka lantas agar secepatnya mendapatkan perawatan medis.

Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak, AKP Ayip Rizal pelayanan yang diberikan, yakni kepastian hukum dan penjaminan santunan Jasa Raharja khususnya dalam penanganan korban kecelakaan. "Selama ini, banyak korban kecelakaan tidak tertangani karena tidak ada yang menjamin sesampai di rumah sakit. Dan tim TACS ini yang akan menanganinya," kata Ayip Rizal, Senin (3/9). 

Maka dari itu, Sat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak melaksanakan penandatanganan MOU penanganan korban laka lantas dengan rumah sakit yang ada di wilayah Perak dantaranya RS PHC (Port Health Center).  Dengan begitu, kata Ayip, masyarakat tidak perlu cemas dalam penanganan laka lantas, karena semua beban dan tanggungan akan terjamin secara otomatis. 

untuk mekanismenya, Ayip menjelaskan apabila terjadi laka lantas dan korban dilarikan ke rumah sakit terdekat, maka pihak rumah sakit akan melapor. Secara otomatis akan diteruskan ke Unit Laka Lantas, dan Jasa Raharja.

Setelah laporan masuk, kedua instansi akan melakukan ferifikasi terkait kejadian laka lantas. Setelah kedua instansi menyetujui ajuan laporan, maka langsung keluar jaminan dari Jasa Raharja kepada korban. "Diharapkan terwujudnya zero complain, tingkat fatalitas korban meninggal dapat menurun, dan kualitas pelayanan masyarakat dapat meningkat," pungkas Ayip. (rio/tyo)