Upacara HUT-73 RI, Risma Ajak Anak Agar Berprestasi

SURABAYA - Upacara peringatan proklamasi HUT-73 kemerdekaan RI di halaman Taman Surya, Balai Kota Surabaya berlangsung khidmat. Wali Kota Surabaya, Tri Risma Harini selaku inspekrur upacara mengajak anak-anak agar berprestasi.

Sejumlah 100 orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) bertugas mengibarkan sang saka Merah Putih. Dalam pidatonya, Wali Kota Surabaya berpesan khusus kepada generasi muda agar selalu berprestasi meski memiliki keterbatasan ekonomi. 

"Meski mempunyai kekurangan, janganlah patah semangat, terus berusaha, untuk mencapai prestasi terbaik," seruan Risma kepada siswa yang hadir sebagai peserta upacara.

Lanjut Risma, kota pahlawan memang mempunyai banyak anak berprestasi. Namun, ada hal sepesial dari salah satu putra Surabaya, yakni Mochammad Supriai timnas Indonesia U-16 yang membangakan Indonesia dan Kota Surabaya di tingkat internasional, di tengah keterbatasan ekonomi orang tuanya.

"Dengan kegigihan meraih cita-cita di tengah keterbatasan ekonomi orang tuangya. Supriadi mampu menunjukan prestasinya kepada semua masyarakat," tutur Risma.

Meskipun begitu, ia tidak menuntut muda mudi di Surabaya untuk meraih prestasi dengan satu tujuan. Namun, Risma mengajak agar memahami sesuai minat dan bakat masing-masing di dalam jati diri.

"Pasti semua memiliki keinginan masing-masih dalam meraih cita-cita. Jika minat, ya berusaha," jelasnya.

Dalam upacara ini, juga diberikan penghargaan Satya Lencana Karya Satya yang termuat dalam Keputusan Presiden. Ada beberpa beberapa orang yang menerima penghargaan tersebut. Salah satu peraih penghargaan ini ialah Dinas PU jalan dan jembatan.

Tampak hadir dalam upacara ini, Forum Pimpinan Daerah, anggota DPRD Kota Surabaya dan para konsulat jenderal dari beberapa negara yang bertugas di Surabaya. Tidak ketinggalan, para veteran Republik Indonesia Kota Surabaya. (alf/udi)