Diwarnai Aksi WO, Dewan Sahkan Perubahan Sebagian Nama Jalan Gunungsari dan Dinoyo

Masduki Toha Wakil Ketua DPRD Surabaya menandatangani dokumen pengesahan perubahan dua nama jalan di Surabaya. Penandatangan itu dilakukan dihadapan para anggota DPR, termasuk anggota Pansus.

SURABAYA - Rapat paripurna DPRD Surabaya akhirnya mengesahkan perda perubahan sebagian nama Jalan Dinoyo menjadi Jalan Sunda dan Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, Sabtu (11/8).

Dalam rapat itu sendiri berlangsung memanas karena diwarnai penolakan oleh anggota dewan yang tidak setuju dengan perubahan nama jalan terhadap dua jalan yang memiliki nilai sejarah tersebut.

Fatchul Muid, mantan ketua pansus perubahan nama jalan,  melakukan interupsi kepada pimpinan sidang paripurna. Menurutnya perubahan nama jalan ini terkesan dipaksakan. "Saya menolak jalan itu diubah namanya. Itu sama saja mengabaikan nilai-nilai sejarah di sana, ” tegas Fatkhul Muid.

Aksi yang sama juga dilakukan Vinsensius Awey. Politisi Partai Nasdem ini menilai perubahan nama Jalan Gunungsari menjadi Siliwangi dan Jalan Dinoyo menjadi Sunda sebagai bagian dari rekonsiliasi budaya antara Sunda dan Jawa tidak sebanding dengan kondisi yang ada.

Menurut dia, perubahan nama Jalan Gungusari dan Dinoyo di Kota Surabaya memiliki nilai histori yang tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan perubahan dua nama jalan di Bandung, Jawa Barat, yakni Jalan Gazebo menjadi Majapahit dan Jalan Kopo Pendek menjadi Hayam Wuruk.

Akhirnya  Awey memutuskan walk out (WO), dan ini diikuti anggota dewan dari Partai Nasdem lainnya, Fatchul Muid.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana yang menghadiri rapat paripurna mengapresiasi kinerja pansus perubahan nama jalan yang sudah mencoba mengakomodir semua usulan."Kalau ada yang tidak setuju kan biasa. Itu dinamika yang ada di pansus," ujar Whisnu.

Sementara itu di depan gedung dewan, sejumlah aktifis Komunitas Bambu Runcing Perjuangan Surabaya (KBRS) Perjuangan dan para tokoh Mas-TRIP  berunjuk rasa menolak perubahan nama jalan. Aksi itu lanjutan aksi kemarin.(udi/tyo)

 

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU