Dispendukcapil Buat Terobosan, Layani Perekaman KTP-E Lansia di Rumah

Petugas dispendukcapil merekam KTP-E seorang lansia di rumah.

SURABAYA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya membuat terobosan. Instansi ini siap jembut  bola dengan merekam warga di rumahnya masing-masing. 

Kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya Suharto Wardoyo menuturkan, layanan ini juga bisa dilakukan di  rumah sakit, panti jompo, Liponsos Keputih dan rumah tahanan. “Jumlah warga Surabaya yang sudah melakukan perekaman KTP-E sebanyak 2.035.178 juta orang,” tegas dia.

Sementara itu pelaksana perekaman KTP-E Dispendukcapil Kota Surabaya Indra Dwi Wahyono mengatakan, bagi lansia dan warga yang tidak bisa datang ke tempat perekaman, pihaknya siap jemput bola. Prosedur pendaftarannya, warga  datang ke kantor Dispendukcapil Surabaya untuk mengajukan surat permohonan perekaman KTP-E. Dan juga  melampirkan foto copi kartu keluarga (KK) yang bersangkutan dan pelapor. Selain itu foto kondisi yang bersangkutan ke bagian tata usaha. 

“Pengajuan perekaman KTP-E sudah berjalan sejak 2016.Karena  antrean yang membludak, sempat dipending dulu,” kata Indra Dwi Wahyono. 

Ia menambahkan  jumlah warga yang mengajukan perekaman di rumah sejak tahun 2016 hingga saat ini mencapai 180 orang.  Rinciannya, 2016 sekitar 100 orang,  2017 kurang lebih 50 orang dan tahun 2018 per Januari-Agustus sekitar 33 orang.

Disampaikan Indrsa, sebenarnya tata cara perekaman KTP-E menggunakan layanan jemput bola tidak jauh berbeda dengan perekaman KTP-E pada umumnya. Mulai dari foto dengan background merah atau biru, tanda tangan, sidik jari 10 jari dan iris mata. Hanya saja yang membedakan adalah kondisi fisik. 

“Seperti orang kena stroke tidak bisa tanda tangan, ya minta tolong keluarga agar dibuat inisial supaya tidak repot kalau mengurus sesuatu seperti bank,” paparnya. 

Perekaman KTP-E di rumah dilakukan secara offline. Artinya, hasil perekaman di inject dahulu di server dispendukcapil, kemudian diverifikasi oleh kemendagri. Setelah diverifikasi Kemendagri, data e-KTP akan keluar kemudian dicetak berbentuk KTP-E. (udi/day)