Lomba Sepak Bola Sarung RW 05 Wonorejo Meriah 

Perlombaan sepak bola sarung yang diikuti anak-anak berjalan meriah.

SURABAYA - Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73, karang taruna (katar) di RW 05 Kelurahan/Kecamatan Wonorejo serentak menyelenggarakan berbagai perlombaan 17 Agustus di sepanjang Jalan Wonorejo III.

Ketua RW 05 Eddy menjelaskan, total 9 RT di RW 05 serentak menyelenggarakan lomba untuk meyemarakan dan menyambut hari kemerdekaan yang dimulai (25/7) hingga puncaknya (10/8). 

“Dulu para pejuang Indonesia mencapai kemerdekaan dengan jerih payah. Dengan lomba 17 Agustusan ini sebagai pelajaran anak-anak untuk merasakan sulitnya menjadi juara dengan melewati berbagai rintangan,” jelasnya.

Di RW 05 Wonorejo terdapat beberapa kelompok perlombaan yang berbeda dan unik. Antara lain sub 1 yakni RT 01-RT 02, sub 2 RT 03-RT 04, sub 3 RT 05-RT 06, sub 4 RT 07-RT 08 dan sub 5 ET 09.

Salah satu, Ketua panitia lomba katar RT 01 Selvia Midi Wati menjelaskan, ada 6 perlombaan dalam memeriahkan HUT RI di RT-nya. Seperti memasukkan belut dalam botol, memasukan pensil dalam botol, makan kerupuk, berjoget balon kopel, dan mengambil koin di buah papaya.

“Selain perlombaan anak-anak. Ada juga lomba bagi ibu rumah tangga, yakni mengiring bola mengenakan daster.” katanya di lokasi perlombaan.

Aksi anak-anak yang mengikuti berbagai lomba ini kerap membuat tertawa dan kegembiraan sendiri bagi para warga. “Hore lomba, semoga bisa menang dan jadi juara satu,” sorakan Abi’il, salah satu peserta lomba.

Memang pada bulan Agustus seperti ini, masyaarakat luar yang melintasi Jalan Wonorejo III akan kaget dengan penutupan jalan untuk digunakan tempat perlombaan. 

Di tempat berbeda, Egar ketua panitia perlombaan sub 3 menjelaskan, penutupan jalan berselang beberapa menit. Jika perlombaan sepak bola mengenakan sarug seperti yang berlangsung di wilayahnya sekitar 5 menit.

“Penutupannya hanya beberapa waktu. Memang kita sadari tidak mempunyai lapangan, jadi lomba dilaksanakan di jalan,” tandasnya. (alf/lis)