Derap Bhaskara Jaya: Lewat KB Tingkatkan Kesejahteraan

Dandim Surabaya Selatan Letkol Inf Alfi an melihat warga yang ikut program KB.

SURABAYA - Dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerah, Kodim Surabaya Selatan menyelenggarakan program KB (keluarga berencana) Kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Surabaya

"Khususnya kesejahteraan ibu dan anak, yang sesuai dengan norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera (NKKBS). Kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar dan aman," ujar Dandim Surabaya Selatan Letkol Inf Alfian.

Kabid KB dan Kesehatan Reproduksi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jatim W Ajeng Lukitowati menerangkan, dalam dalam baksos (bakti sosial) ini BKKBN siap memfasilitasi. Khususnya keluarga peserta BPJS atau JKN dan keluarga yang kurang mampu.

"Sehingga masyarakat lebih tahu, lebih mengena dan ini pelayanan gratis. Kita bekerja sama dengan mitra stakeholder, baik dari TNI -Polri, dan juga mitra yang lain dengan masyarakat, khususnya yang memerlukan ikut KB,"jelas Ajeng.

Ajeng menjelaskan, bahwa BKKBN Jatim bertujuan meningkatkan kesejahteraan KB, khususnya metode kontrasepsi jangka panjang. "Ada pelayanan IUD, implan susuk KB, MOP untuk KB pria. Ada juga untuk ibu-ibu yang sudah tidak ingin menggunakan kontrasepsi dan tidak ingin melahirkan lagi," paparnya. (tyo/fer)