Giat Polmas: Gelar Yustisi untuk Deteksi Teroris

Bhabinkamtibmas Polsek Jambangan razia yustisi di kos-kosan.

SURABAYA - Kian sulitnya pergerakan pelaku kejahatan dan teroris untuk dideteksi, membuat aparat kepolisian harus mengantisipasi guna mempersempit ruang geraknya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggelar operasi yustisi (kependudukan) di beberapa kos-kosan.

Langkah itu seperti yang dilakukan aparat Polsek Jambangan dlam beberepa pecan belakangan. Tercatat, tiga Pilar Kamtibmas Jambangan menggelar operasi yustisi kependudukan. Operasi dilaksanakan Kelurahan Kebonsari didampingi Babinsa Koramil dan Bhabinkamtibmas Polsek Jambangan Aipda Supriyono.

Kegiatan yustisi dilaksanakan secara humanis dan mengedepankan fungsi Binmas untuk mencegah terjadinya gesekan maupun kesalahpahaman antara pemilik indekos atau penghuninya yang melawan petugas.

 “Maksud dan tujuan operasi yustisi adalah untuk mencegah urbanisasi skala besar, membatasi ruang gerak pelaku teror, maupun mencegah terjadinya perbuatan mesum atau kumpul kebo di kos,” ujar Kapolsek Jambangan Kompol Khoirul Anam.

 Dengan semakin tingginya frekuensi operasi yustisi kependudukan diharapkan masyarakat lebih tertib secara administrasi kependudukan serta meminimalisir peredaran dan penyalahgunaan narkoba di lingkungan.

Selama giat operasi yustisi, pelaksanaan berjalan lancar tanpa adanya resistensi dari warga setempat. Hal ini disebabkan pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas yang meliputi pembinaan masyarakat, deteksi dini maupun mediasi yang efektif dari Binmas maupun petugas lain. (yok/fer)