Baru 18 Kloter CJH Embarkasi Surabaya Kantongi Visa

Pengecekan dokumen di Asrama Haji Surabaya.

SURABAYA - Menjelang penerbangan kloter pertama calon jemaah haji (CJH) Embarkasi Surabaya, ternyata baru 8.300 atau 18 kloter CJH yang mengantongi visa.

Kabid Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya Alif Azarudin menjelaskan, paspor yang dikirim ke Jakarta atau yang sudah kembali, visanya baru 18 kloter dengan jumlah 8.300 CJH. 

Selain itu, kata Alif, mengingat waktu pemberangkatan CJH gelombang pertama sudah dekat, tim dokumen mempercepat pengurusan visa.

"Tim dokumen setiap hari standby di Jakarta. Artinya, perwakilan dua hingga empat orang menunggu visa. Kita harapkan sebelum oprasional haji, visa sudah kembali dan selesai semua," ujarnya.

Pihaknya, memberi perhatian serius untuk penuntasan visa bagi seluruh jemaah. Sebab, tahun lalu setiap penyelenggaraan ibadah haji selalu saja ada jemaah yang tertinggal dan tidak terbang seusai jadwal karena visa belum jadi. 

"Untuk pengurusan visa tahun ini lebih lancar dari pada tahun lalu dan tidak ada kendala sama sekali," ujarnya.

Ditargetkan pada gelombang awal, keberangkatan kloter 1 hingga 30 pada Sabtu dan Minggu visa bisa kembali semua. Sementara, untuk gelombang dua Minggu depan, 

“Ditargetkan pada tanggal 23 atau 24  visa sudah klir dan selesai semua. Untuk mengantisipasi kekeliruan paspor mulai dari foto atau nama kami sudah teliti paspor yang dari Jakarta,” pungkasnya. (alf/lis)