Ajak Siswa Peduli Sosial, SMA Unggulan Amanatul Ummah Berbagi Berkah Bersama Anak Yatim

Pembina SMA Unggulan Amanatul Ummah Dr H Zakaria MPdi memberikan santunan kepada anak yatim.

SURABAYA - Sekolah menengah atas (SMA) Unggulan Amanatul Ummah berbagi berkah dengan memberi santunan kepada anak yatim, Kamis (31/5). Hal ini untuk mengajak siswa peduli terhadap lingkungan sekitar.  

Pembina SMA Unggulan Amanatul Ummah Dr H Zakaria MPdi menjelaskan, kegiatan yang dilakukan SMA Unggulan Amanatul Ummah bertema 'Berbagi Berkah Ramadan Bersama Anak Yatim'. Acara tersebut dilakukan agar memberi semangat kepada siswa untuk peduli terhadap orang yang membutuhkan perhatian.

"Satu dari agenda ini untuk memperingati Nuzulul Quran, karena kitab suci Alquran harus dikenal oleh umat Islam. Khususnya generasi muda yang masih menata sebagai manusia menuju dewasa," kata Zakaria. 

Disamping memperingati Nuzulul Quran dan mengenalkan Alquran, SMA Unggulan Amanatul Ummah juga berbagi berkah kepada anak yatim. Zakariah mengatakan, berbagi tersebut tentunya penting terhadap siswa sebagai latihan kepekaan terhadap masyarakat.

"Dalam rangka Ramadan juga dihelat khataman Quran massal setiap hari untuk siswa. Tentunya sudah puluhan kali siswa khatam Alquran," paparnya. 

Anak yatim sekitar SMA Unggulan Amanatul Ummah.


Kemudian, kata Zakariah, acara yang diselenggarakan ini juga memberikan santunan kepada anak yatim. Santunan digagas untuk membina pribadi siswa agar menjadi anak yang peduli terhadap orang lain. 

"Anak yatim diundang dari sekitar SMA Unggulan Amanatul Ummah, antara lain warga Siwalankerto. Undangannya kurang lebih sama dengan tahun lalu sekitar 150 anak yatim," pungkas Zakariah. 

Zakariah menambahkan, ke depannya SMA Unggulan Amanatul ummah merencanakan dan mengupayakan mendatangkan 200 anak yatim. 

"Harapan kami  SMA Unggulan Amanatul Ummah semakin maju, besar, berkah, bisa memberikan manfaat kepada murid dan masyarakat pada umumnya, serta peduli terhadap lingkungan," imbuhnya. 

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, berbagi berkah SMA Unggulan Amanatul Ummah dilakukan dengan menggandeng anak yatim ini dari sumbangsih siswa. 

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya KH Muhammad Al Bara juga menjelaskan, semua sumbangan yang diberikan kepada anak yatim merupakan iuran para siswa.

"Agar para siswa peka terhadap lingkungan. Ini tentunya sebagai pembelajaran dan momentum aksi sosial," jelasnya. 

Al Bara mengharapkan untuk siswa SMA Unggulan Amanatul Ummah bahwasanya acara seperti ini bisa mengugah kesadaran sosial, dilakukan agar para siswa peka sosial terhadap lingkingan sekitar. 

"Harapan kami apa yang sampaikan kepada anak yakim agar bisa memberi manfaat walapun hanya berupa tali asih yang tidak seberapa. Namun bukan itu, akan tetapi harapan kami agar bisa menjadi sumbangsih dalam kehidupan mereka," tandasnya. 

Dalam acara tersebut semakin meriah dengan hiburan dari group al banjari dari pondok pantren Amanatul Ummah. Hadir pula Penceramah Dr KH Ainur Roziqin didatangkan langsung dari Malang, qori nasional ustaz Anwari MPdi, hadir juga ketua yayasan Amanatul Ummah Surabaya KH  Muhammad Al Bara, lembaga Amanatul Ummah, kemudian tokoh masyarakat sekitar. (alf/lis)