Pertamina Diminta Kawal Distribusi BBM dan LPG

Soekarwo menerima kunjungan kerja GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V di Kantor Gubernur. 

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo meminta Pertamina mengawal kelancaran distribusi di JawaTimur. Hal ini untuk mengantisipasi pasokan pendistribusian BBM (bahan bakar minyak) dan LPG (liquified petroleum gas) menjelang liburan sekolah dan Idul Fitri 2018.

Menurut Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, keterlambatan BBM di daerah pada musim liburan hingga mudik lebaran akan memberi dampak luar biasa bagi pengguna jalan maupun masyarakat. Untuk itu, distribusi kelancaran BBM harus terus diperkuat, terutama pada periode waktu tersebut.

“Ini merupakan keberhasilan dalam mengantisipasi kebutuhan, menyiapkan kondisi, dan memberikan kemudahan sesuai harapan masyarakat,” ujar Pakde Karwo, saat menerima kunjungan kerja GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V, Ibnu Choldum di Kantor Gubernur Jatim, Selasa (22/5). 

Pakde Karwo mengingatkan, perhatian hendaknya juga dilakukan di titik-titik seperti daerah kawasan macet yang berjauhan dengan SPBU. Juga, daerah tujuan wisata seperti Malang Raya, Lamongan, dan Banyuwangi yang memiliki potensi peningkatan konsumi BBM. Selain itu, juga dipandang perlu menambah distribusi BBM di titik titik jalan tol baru, terutama yang masih dalam tahap fungsional. 

Terkait kelancaran distribusi LPG, Pakde Karwo berharap Pertamina untuk menambah stok LPG di Jatim karena masyarakat Jatim sebagian besar adalah UMKM. Artinya, kebutuhan produksi UMKM  akan meningkat selama bulan puasa dan lebaran mendatang. 

“Selain untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti memasak, LPG terutama dipergunakan untuk kebutuhan produksi. Masyarakat yang awalnya menjual pisang, saat ini mengolah menjadi kripik pisang ” ujarnya. (mik/hap)