Bunuh Suami Pemerkosa Dirinya 

SEORANG wanita Sudan, sebut saja Vee M Nyus (19), dipaksa menikah pada usia 16 tahun. Usai prosesi, dia berhasil kabur dan bersembunyi di rumah bibinya. Tapi, tiga tahun kemudian dia dipaksa pulang ke rumah suaminya.

Di rumah, sang suami, sebut saja Mr Geb, memaksa Vee melayaninya, tapi ditolak. Geb lantas mengundang saudara-saudaranya, diminta memegangi kaki-tangan Vee.

Saat itulah Geb dengan leluasa menari-nari syahwati di panggung segitiga prawani Vee. Tentu saja Vee merasa kehormatannya dicabik-cabik. Lepas dari neraka dunia yang diciptakan suaminya, Vee lantas mengambil pisau dan membunuh Geb. Bres! Mati!

Vee kemudian berlari ke rumah orang tuanya, yang lantas diserahkan ke polisi setempat. Seperti dilansir Reuters, bulan lalu Pengadilan Sariah Sudan menyatakan Vee bersalah atas pembunuhan berencana. 

Vee dijatuhi hukuman mati. Upaya menggantinya dengan bayar denda ditolak. Amnesty Internasional mengatakan, hukuman mati terhadap perempuan karena “mrmbunuh suami yang memerkosanya sebagai pembelaan diri”. Ini dinilai sebagai kegagalan pihak berwenang menangani perkawinan anak, perkawinan paksa, dan perkosaan dalam pernikahan. (*/jos)

 

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU