Bawaslu Jatim Pastikan Kesiapan PSU di Sampang

SURABAYA - Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar pemungutan suara ulang (PSU) ditanggapi cepat  Bawaslu Jatim.

Untuk itu,  lembaga pengawas pemilu di Jatim mendorong Bawaslu Kabupaten Sampang segera berkoordinasi dengan KPU Kabupaten Sampang terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang.

Komisioner Bawaslu Jatim Koordiv Humas dan Hubungan Antarlembaga, Nur Elya Anggraini mengatakan, kesiapan Bawaslu Sampang untuk mengawal kesiapan PSU.

"Kami juga memastikan kesiapan Bawaslu Sampang dan jajarannya untuk pengawasan PSU. Mereka juga harus siapkan pengangkatan pengawas TPS," kata Nur Elya Anggraini.

Dalam agenda sidang pembacaan putusan sengketa Pilkada di Kabupaten Sampang, Madura, dengan Nomor Perkara 38/PHP.BUP-XVI/2018 oleh Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan jika Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sampang, diperintahkan untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Putusan sidang MK tersebut dilansir melalui live streaming resmi MK di www.mahkamahkonstitusi.go.id, Rabu (5/9/2018).

Dalam putusan yang dibacakan oleh Hakim MK, Anwar Usman memerintahkan kepada pihak penyelengara pemilu yakni KPUD setempat, melaksanakan PSU selambat-lambatnya dilakukan selama 60 hari dimulai dari pembacaan putusan. 

Kemudian, memerintahkan kepada jajaran kepolisian untuk melakukan tugas pengamanan sesuai dengan kewenangannya. (day/yok)