Densus 88 Temukan 54 Bom Aktif di Rumah Pelaku Tri Murtiono 

Anggota Densus 88 berjaga-jaga di sekitar rumah Tri Murtiono.

SURABAYA - Ditemukan 54 bom aktif di rumah teroris, Tri Murtiono, di Jalan Tambak Medokan Ayu Gang 6. Keberhasilan itu atas upaya anggota Densus 88 usai menggeledah lebih dari tiga jam. Belasan bom itu diketahui berjenis pipa.

Tri Murtiono merupakan pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Surabaya Senin (14/5). Usai mengamankan bom yang diketahui dapat menghancurkan bangunan lima lantai tersebut, tim Gegana Polda Jatim yang didampingi Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan serta Komandan Korem 083/BJ Kolonel Kav M Zulkifli, lalu menuju lahan latihan Kodim 0831, Surabaya Timur, guna disposal (meledakkan bom, red).

Menurut informasi yang dihimpun Memorandum, sebelum mendapatkan alamat kontrakan pelaku di Jalan Tambak Medokan Ayu, petugas lebih dulu mendatangi rumah di Jalan Krukah Selatan 9 yang ternyata milik orang tuanya istri Tri Murtiono.

Setelah mendapatkan informasi dari orang tua serta tetangganya, petugas selanjutnya mendatangi kontrakan yang diketahui milik Sugeng di Jalan Tambak Medokan Ayu 6 hingga dilakukan penggeledahan tersebut. 

Menurut keterangan Pras Setiyono (49), keluarga Tri merupakan sosok yang bisa dibilang tertutup. Tri sekeluarga hanya menegur sapa dengan orang yang dikenalnya saja. Kendati tertutup, Tri yang memiliki bisnis membuat etalase tersebut rutin ikut ronda di perumahannya. ”Ya sedikit tertutup tapi rutin ikut ronda,” terangnya.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan, setelah mengamankan bom yang berjumlah 54 dan dikemas dalam 24 kotak, pihaknya langsung membawa ke lahan kosong guna disposal (peledakan bom).

Rencananya, bom dalam jumlah sebanyak itu, pihaknya akan meledakkan sebanyak tiga kali. ”Anggota sudah meledakkan beberapa bom. Sisanya akan kita ledakkan tapi masih mencari lokasi yang tepat,”   tegasnya. (cr-8/nov)

 

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU