Densus Temukan Tiga Bom di Rumah Pelaku

Keluarga Dita Oepriarto dan Puji Kuswati.

SURABAYA - Densus 88 termasuk unsur Gegana melakukan penggeledahan di rumah pelaku bom gereja Surabaya. Penggeledahan dilakukan di rumah pelaku pasutri, Dipta Oepriarto dan Puji Kuswati pada Perum Wisma Indah Blok K22, Wonorejo, Rungkut.

Dari pantauan Memorandum penggeledahan tersebut sudah dilakukan sejak pukul 18.00, Minggu (13/5). Sejumlah petugas bersenjata mengamankan jalan masuk menuju rumah terduga teroris tersebut. Sedangkan tim Inafis dan Gegana melakukan penggeledahan di dalam dan luar rumah.

Kapolresta Surabaya Kombespol Rudi Setiawan mengatakan, tiga bahan peledak aktif berdaya ledak tinggi (high explosive) ditemukan dalam plastik pada rumah pasutri tersebut dan sudah diledakkan. Masing - masing plastik tersebut terdapat pipa berisi TATP (Tri Aseton Tri  Porosit) yang digunakan dalam aksi bunuh diri pada tiga gereja di Surabaya.

Rudi juga mengatakan selain itu petugas juga menemukan belerang, aseton, hcl, H2O, dan korek api kayu sebagai bahan yang diduga untuk merakit bom.  "Tim juga menemukan streofoam yang sama digunakan untuk memperbesar daya ledak bom seperti pada gereja di Jalan Arjuna," jelasnya. 

Rudi juga menjelaskan hingga kini petugas masih berusaha menyelidiki  jaringan daribkeluar tersebut. melihat adanya beberapa dokumen dan buku beserta catatan yang juga ditemukan dari hasil penggeledahan tersebut. "Tim olah TKP Jibom dan Densus 88 sedang menyelidiki. Kami mohon waktu supaya tim bisa bekerja untuk meneliti setiap barang yang ditemukan di rumah pelaku," pungkasnya. (haj/nov)

 

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU