TKW Asal Sumba Disekap PJTKI Malang

ilustrasi: istimewa

MALANG - Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Sumbawa, diduga disekap di tempatnya bekerja yang berbendera PT Citra Karya Sejati (CKS) Kota Malang, kemarin (19/3).

Penyekapan itu terungkap dari postingan warga di media sosial. TKW itu diketahui bernama Nurhayati. Nurhayati saat ini dalam kondisi sakit seperti yang terungkap dalam video yang di-upload di facebook (FB).

Nurhayati diduga disekap oleh PJTKI yang beralamat di Jalan Rajasa no 189, Bumiayu, Keduangkandang, Kota Malang tersebut. Dalam video itu diterangkan bahwa Nurhayati disekap dengan tujuan agar membayar uang ganti rugi setelah kepergiannya ke luar negeri.

Ada surat pernyataan yang dibuat sepihak oleh PT CKS dan memaksa Nurhayati agar memenuhinya. Selain Nurhayati, dikabarkan ada sejumlah TKI lain yang juga bernasib sama. Dugaan penyekapan terhadap Nurhayati ini sudah ditangani polisi. 

Sementara itu, PT CKS enggan berkomentar ketika didatangi awak media untuk menanyakan kejadian yang menimpa Nurhayati di perusahaan tersebut. Terpisah, polisi bergerak merespons dugaan penyekapan TKW asal Sumbawa di PT Citra Karya Sejati, sebuah PJTKI di Jalan Rajasa, Bumiayu, Kedungkandang, Kota Malang.

Polisi langsung mengevakuasi Nurhayati yang dikabarkan sedang sakit. "Kami merespons dan mendatangi lokasi. Di sana memang benar ditemukan keberadaan yang bersangkutan (Nurhayati)," ungkap Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri.

 Asfuri mengatakan karena kondisinya, Nurhayati langsung dilarikan ke rumah sakit. Soal dugaan adanya penyekapan, belum dapat diketahui secara pasti. "Belum diperiksa, karena langsung dibawa ke rumah sakit," sambung Asfuri.

Polisi juga menunggu penanggung jawab dari PT Citra Karya Sejati, terkait penemuan kondisi Nurhayati yang dikabarkan disekap itu. "Kami juga menunggu penanggung jawab dari perusahaan untuk dimintai keterangan, mereka kini masih berada di luar kota," pungkas Asfuri. (*/nov)

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU