Napi Narkoba Kendat di Lapas   

Jenazah korban dievakuasi petugas. (Foto: Som)

SIDOARJO - Sipir dan warga binaan di Lapas Klas IIA Delta Sidoarjo, geger. Terpidana 2 tahun kasus sabu-sabu, Siswandoko, ditemukan tewas tergantung, Rabu (21/2), malam.

Sewaktu ditemukan, korban masih mengenakan busana muslim (memakai sarung dan baju koko). Pria ini ditemukan tak bernyawa di sel blok B. Leher korban terlilit sarung yang diikatkan ke ventilasi jendela sel.

Kuat dugaan korban sengaja bunuh diri. “Pintu kamar ditutup sarung oleh korban dan sudah direncanakan,” kata Kalapas Delta Sidoarjo Jumadi.

Rabu sore, kata Jumadi, korban masih terlihat bersama warga binaan lain. Menginjak malam, yakni saat oplosan sipir, kamar korban tampak ditutupi sarung. Hal itu diketahui saat sipir keliling ke sejumlah sel.

Lantaran curiga dengan kondisi sel korban yang tertutup, petugas lalu meneliti sel tersebut. Dari situ diketahui kalau napi yang sudah menjalani hukuman 9 bulan itu tubuhnya tergantung di lehernya terlilit sarung. 

Korban sebelumnya menghuni sel 3B, kemudian dipindah ke kamar B. Pemindahan itu karena korban terlibat keributan dengan temannya karena masalah utang. “Korban takut ditagih dan terulang ribut, makanya pindah ke sel B,” imbuh Kalapas Delta.

Kapolsekta Sidoarjo Kompol Rochsululloh mengatakan, berdasarkan ciri-ciri fisik, Siswandoko diduga meninggal karena bunuh diri. Korban sebelum masuk Lapas Delta, ditangkap Polrestabes Surabaya dalam kasus sabu.

Setelah menjalani proses sidang, akhirnya korban ditahan di lapas dan terakhir menjadi penghuni Lapas Delta. “Jenazah korban kami bawa ke RSUD Sidoarjo guna divisum,” pungkasnya. (som/nov)

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU