Perempat Final Piala Asia U-16: Fachri: Pemain Sudah Tak Sabar Ladeni Australia

Striker Bagus Kahfi yang pernah mencetak hattrick ke gawang Australia pada  Piala AFF U-15  kembali jadi tumpuan  pelatih Fachri Husaini.

SURABAYA - Tinggal selangkah lagi timnas U-16 Indonesia dapat menggenggam satu tiket ke Piala Dunia U-17. Indonesia hanya perlu mengalahkan timnas U-16 Australia untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Untuk dapat tampil di Piala Dunia U-17 2019 yang digelar di Peru, timnas U-16 Indonesia harus lolos ke semifinal Piala Asia U-16 2018. Namun, Indonesia harus menghadapi hadangan dari timnas U-16 Australia pada perempat final di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Senin (1/10) sore.

Menjelang duel hidup mati timnas U-16 Indonesia dan Australia, kedua tim mengaku saling mewaspadai satu sama lain. Pelatih Timnas U-16 Indonesia Fachri Husaini menyatakan, anak asuhnya siap menghadapi Australia. Menurut dia, Bagus Kahfi dan kawan-kawan sudah sangat menantikan laga tersebut."Setelah melakoni tiga laga (fase grup), kami sangat menunggu pertandingan ini. Pemain saya sangat siap untuk bertanding," tandas Fachri.

Salah satu persiapan yang dilakukan yaitu membenahi situasi bola-bola mati.Fachri ingin timnya bisa memaksimalkan kesempatan lewat bola-bola mati untuk menciptakan gol. Diharapkan segala persiapan yang dilakukan Bagu Kahfi dan kawan-kawan dapat berjalan mulus saat menghadapi Australia nanti.

Kedua tim ini sebelumnya sudah bertemu pada ajang Piala AFF U-15 2017 lalu. Skuat Fachri Husaini saat itu kalah telak, 3-7. Bagus Kahfi menjadi bintang Indonesia kala itu dengan mencetak hattrick. Mengenang pertandingan itu, Fachri mengaku sudah memetik pelajaran dan akan digunakan pada pertemuan kedua nanti. "Australia adalah tim yang kuat. Kami pernah bertemu di Piala AFF, di mana kami saat itu kalah.Yang jelas, kami akan menggunakan pengalaman itu sebagai  modal berharga untuk menghadapi laga nanti,"tandas dia.

Kalau merujuk pada Piala AFF U-15 tahun lalu serta Piala Asia U-16 2018,  setidaknya ada tiga pemain timnas U-16 Australia yang patut diwaspadai Garuda Asia, yakni Noah Vinko Botic, Ryan Teague, dan Birkan Kirdar.

Sebaliknya, ada hal yang ditakuti Australia dari timnas U-16 Indonesia. Hal itu diungkapkan langsung oleh pelatihnya, Trevor Morgan."Indonesia tim yang memiliki dukungan suporter yang besar, mereka pasti akan memainkan sepak bola yang baik," ujar dia. (*/be)