Piala Asia U-16: Australia vs Indonesia di Perempat Final

SURABAYA - Timnas U-16 Indonesia akan menghadapi Australia pada perempat final Piala Asia U-16 2018. Kepastian itu didapat setelah laga pamungkas Grup D rampung, Jumat (28/9) sore WIB. 

Timnas U-16 Australia membukukan  kemenangan telak 4-0 atas Afghanistan pada pertandingan di Stadion Petaling Jaya. Dengan kemenangan tersebut, Australia finis di posisi kedua dengan koleksi enam poin. Mereka berjarak tiga angka dari Korea Selatan. 

Korea Selatan pada laga pamungkas grup menghentikan perlawanan Irak, yang sebenarnya juga punya peluang lolos andai memenangi laga ini. Korsel menang 2-0 sehingga berhak menjadi juara grup dengan nilai sempurna. 

Laga perempat final akan dimainkan Minggu (30/9) dan Senin (1/10). Duel Timnas U-16 Indonesia vs Australia akan dilangsungkan pada Senin (1/10) pukul 15.30 WIB.  

Pemenang antara Indonesia dan Australia akan berhadapan dengan pemenang Jepang vs Oman di semifinal. 

Andai bisa mengalahkan Australia, Timnas U-16 Indonesia tak hanya sekadar melaju ke semifinal. Pasukan Fachri Husaini itu pun akan otomatis lolos ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru. 

Untuk diketahui, Piala Asia U-16 merupakan ajang kualifikasi Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung satu tahun setelahnya. Empat tim semifinalis dari Piala Asia akan otomatis melangkah ke putaran final Piala Dunia. 

Sejak Piala Dunia U-17 digelar pertama kali pada 1985—tiga penyelenggaraan pertama masih berformat U-16, Thailand menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang melangkah ke putaran final. Thailand dua kali lolos pada 1997 dan 1999. Namun, mereka langsung tersisih di penyisihan grup. Timnas U-16 Indonesia punya kesempatan melangkah untuk mengikuti jejak Thailand itu, lolos ke Piala Dunia U-17. 

Namun, Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Fakhri Husaini, belum mau berpikir terlalu jauh. 

"Kepastian lolos dari penyisihan  grup ini barulah awal. Kami masih punya 90 menit pertandingan lagi untuk dilalui," kata Fachri Husaini.

Dia mengatakan hal tersebut karena Timnas U-16 Indonesia masih harus melakoni satu laga lagi untuk bisa lolos ke semifinal. Selain itu, lawan Bagus Kahfi dkk di perempat final lebih kuat dibandingkan tiga lawan di Grup C. Sebagai juara grup, Indonesia akan berhadapan dengan peringkat kedua Grup D, Australia yang pernah melangkah ke partai final pada 1999. (*/be)