Dana Kampanye Jokowi Rp 11 M, Prabowo Rp 2 M

Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin foto bersama Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat mengikuti kampanye damai di KPU Pusat.

JAKARTA - Anggota tim bendahara umum Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan nomor urut 1, Jokowi - Ma'ruf Amin, Syafrizal, mengatakan dana awal kampanye pihaknya mencapai Rp 11 miliar. 

"Uang tunainya sebesar Rp 8,5 miliar dan selebihnya kami berupa jasa," katanya seusai menyerahkan laporan di Gedung KPU, Jakarta seperti dilansir tempo.com.

Ia menjelaskan uang tersebut berasal dari sumbangan perusahaan dan perorangan. Namun ia enggan membuka data siapa saja penyumbang dana itu.

Terpisah, koordinator juru bicara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan pihaknya melaporkan dana kampanye awal senilai Rp 2 miliar. "Duit Rp 2 miliar ini berasal dari dua orang penting di republik ini, yaitu Rp 1 miliar dari Prabowo Subianto dan Rp 1 miliar dari Sandiaga Salahudin Uno," ujarnya di lokasi yang sama.

Dahnil menuturkan Prabowo dan Sandiaga komitmen bakal menggunakan seluruh sumber daya yang mereka miliki untuk kepentingan kampanye. "Insya Allah pasangan ini tidak akan mau menggadaikan diri ke cukong atau kelompok lain yang mau mengatur pemerintahan di masa depan," tuturnya.

Dahnil membantah jika dana kampanye sejumlah Rp 2 miliar ini sengaja dibuat mirip dengan nomor urut Prabowo-Sandiaga. "Duitnya sementara adanya cuman itu, jadi ya itu yang dikasih," ucap Dahnil. (*/day/nov)