Din Syamsuddin: Polri Harus Jamin Keamanan Ustaz Abdul Somad

Din Syamsuddin

JAKARTA - Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin prihatin atas penghadangan terhadap Ustaz Abdul Somad (UAS) hingga membatalkan ceramah di berbagai daerah. Dia menilai aksi tersebut tak sesuai prinsip keadaban.

“Saya prihatin dan seyogyanya ini tidak terjadi di kehidupan kita masyarakat yang memiliki Pancasila, dan di situ mengagungkan nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Di praktik-praktik itu (penghadangan), pada hemat saya tidak sesuai dengan prinsip keadaban,” kata Din usai menghadiri acara diskusi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (6/9).

Dia mengimbau para pelaku untuk menghentikan intimidasi kepada siapa pun ulama yang akan datang ke daerah-daerah. Menurutnya, jalan musyawarah lebih baik. “Saya mengimbau kepada para pelakunya untuk menghentikan, kalau pelakunya dari kalangan umat Islam ini sungguh mencederai ukhuwah Islamiyah. Bicaralah baik-baik, musyawarah kan lah baik-baik. Oleh karena itu, saya berharap ini tidak terjadi lagi,” terangnya.

Din juga mengingatkan penegak hukum untuk mengambil langkah perlindungan kepada pihak yang diintimidasi. Jangan sampai penceramah atau tokoh agama lain jadi korban. “Kepada aparat penegak hukum dan keamanan, Polri khususnya, untuk mengambil langkah-langkah untuk menjamin perlindungan sesuai dengan tugas Polri itu melindungi,” jelasnya.

“Jangan sampai terhalangi ya dan kalau ada keberatan semacam itu jangan Ustaz Abdul Somad atau mubalig-nya yang dikorbankan. Ini tidak sehat dalam kehidupan kita berpancasila di Indonesia,” sambung dia seperti ditulis detik.com.(*/asw)