Sosialisasi ke Ormas-Ormas Nonmuslim, Ma’ruf Amin Tebar Pesona

KH Ma’ruf Amin

JAKARTA - Bakal cawapres (calon wakil presiden) KH Ma’ruf Amin akan bersafari mendatangi ormas-ormas keagamaan. Selain ke ormas Islam, pasangan capres Joko Widodo ini akan sowan ke ormas-ormas nonmuslim.

“Saya menduga tidak hanya PP Muhammadiyah, tapi mungkin juga ke ormas atau kelompok lain, termasuk nonmuslim,” ujar Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/9), seperti ditulis detik.com.

Meski begitu, Karding belum bisa memastikan kapan Ma’ruf akan berkeliling ke ormas nonmuslim. Namun Rais Aam PBNU itu mengunjungi kantor PP Muhammadiyah untuk bersilaturahmi.

“Ya silaturahim, memang Kiai Ma’ruf tokoh ya, jadi beliau mesti berkeliling bersilahturahmi. Tentu memohon doa restu,” sebut Karding.

Kiai Ma’ruf juga sudah sowan ke sejumlah pondok pesantren seusai pendaftaran Pilpres 2019. Ia berkeliling Jawa Timur pada Selasa (4/9), seperti ke Ponpes Al-Anwar Sarang di Rembang, dan Ponpes Sunan Drajat Lamongan.

Di Rembang, Ma’ruf mendapat sambutan hangat dari KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen. 

Sejak kepulangan dari ibadah haji, menurut pantauan Memorandum, Ma’ruf Amin terus menyosialisasi diri tebar pesona dalam rangka maju di Pilpres 2019 berpasangan dengan Joko Widodo.(*/asw)