Dua Bandit Curanmor Tumbang

Agus Al Mahi dan Saiful Rizal di Mapolrestabes Surabaya.

SURABAYA - Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya meringkus dua bandit curanmor yang meresahkan warga, Selasa (2/10). Sebelum diamankan, tersangka Agus Al Mahi (34), dan Saiful Rizal (23), warga Kecamatan Tanah Merah, Bangkalan, itu terpaksa dihadiahi timah panas karena kabur dan melawan petugas.

Kedua tersangka ditangkap usai berhasil melarikan motor di Jalan Kedung Sroko bersama dua pelaku lain yang saat ini masih dalam pengejaran petugas." Kita amankan kedua tersangka usai beraksi. Karena melawan dan kabur, kami terpaksa melumpuhkan keduanya," kata Kanit Resmob Polrestabes Surabaya Iptu Bima Sakti.

Lebih lanjut, Bima menjelaskan, penangkapan bermula ketika anggota Resmob yang mendapat laporan terkait kasus curanmor melakukan penyelidikan di sekitar Jalan Kedung Sroko. "Saat kami lidik, anggota melihat empat orang mencurigakan yang disinyalir akan melakukan aksi pencurian," lanjut Bima.

Setelah dilakukan pengintaian dan membuntuti keempat tersangka, mereka mendapati komplotan spesialis beraksi pada Subuh itu masuk ke rumah Andi Surya. Tidak lama kemudian, para tersangka berhasil membawa kabur motor jenis Honda Beat L 3568 BY.

"Tidak ingin kehilangan jejak, kami langsung menyergap komplotan tersebut. Namun dua pelaku lebih dulu mengetahui keberadaan kami dan kabur," tandas Bima.

Dari pemeriksaan terungkap, kedua tersangka yang diketahui tinggal di rumah kos Jalan Tambak Asri itu hanya berperan mencari sasaran dan melarikan hasil curian ke Madura. Sedangkan dua pelaku yang kabur berperan sebagai eksekutor. "Saya cuma menjualkan saja. Itupun kalau dihubungi dan ada pesanan," ujar Agus.

Kini, Unit Resmob masih punya pekerjaan untuk mencari dua pelaku lain yang identitasnya sudah mereka kantongi. "Kami sudah mengantongi ciri-ciri dan identitas pelaku," pungkas Bima. (fdn/nov)