Rampas HP Pelajar, Pemuda Bertato Dimassa

Pelaku R diamankan petugas dari amukan massa di Jalan Manukan Tengah.

SURABAYA - Seorang pemuda bertato babak belur dimassa di Jalan Manukan Tengah, Selasa (2/10) sekitar pukul 14.00. Pria berinisial R tersebut dimassa karena merampas HP milik pelajar SMP di Jalan Sambi Arum, Lakarsantri.

Modus yang dilakukan pelaku menuduh dua korban memukul adiknya. Tapi kejahatan tersebut gagal karena seorang korban berhasil melarikan diri dan memberitahu ayahnya, hingga R berhasil tertangkap tangan. Nyawa pelaku ini terselamatkan setelah anggota Polsek Tandes datang ke lokasi dan mengamankannya. 

Informasinya, peristiwa tersebut bermula, saat Ahmad Yoga (13), warga Jalan Balong Sari bersama temannya Rio Syaifudin (13), pulang sekolah dengan mengendarai motor Jupiter W 6392 FY. Di lokasi kejadian keduanya dipepet dan dihadang dua pelaku yang mengendarai motor. Kedua pelajar SMP tersebut lantas berhenti di depan Alfamidi kawasan Sambi Arum.

Di situ, keduanya didatangi pelaku dan dituduh telah memukul adiknya yang masih kecil. Karena tidak merasa melakukan pemukulan, Yoga mengelak namun pelaku malah menampar korban. Pelaku lalu meminta HP Yoga. Karena tidak  membawa HP, pelaku berupaya meminta kunci motor Rio. Hanya saja Rio berhasil kabur membawa motornya.

Saat itulah, seorang tetangga Yoga sempat melihat kejadian tersebut dan memberitahu kepada Samsul Arifin, ayah korban. Mendengar itu, Samsul bergegas mendatangi TKP tapi pelaku keburu kabur. Apesnya, teernyata dua pelaku tersebut kembali melintas di lokasi kejadian dan langsung dikejar oleh Samsul Arifin. Kedua pelaku dikejar hingga di kawasan Jalan Manukan Tengah. Tepat di depan pangkas rambut ABS (Asian Barbershop) Samsul sempat menghentikan motor pelaku tapi berusaha kabur.

Motor pelaku terjatuh setelah ditendang oleh Samsul. Sempat terjadi baku hantam seorang pelaku dengan ayah korban. Pelaku satunya berhasil ambil langkah seribu. Warga setempat yang mengetahui pemuda yang duel dengan Samsul adalah jambret, langsung mengamankan dan ikut menghajarnya.

Kapolsek Tandes Kompol Kusminto membenarkan kejadian tersebut, namun Kusminto mengatakan kasus tersebut dilimpahkan ke Polsek Lakarsantri karena kejadiannya berada di wilayah Lakarsantri. Selain itu Kusminto manambahkan pelaku berinisial R tinggal di Jalan Banjar Sugihan. (haj/nov)