Embat HP Teman Kos

Viktorian Gajilaja diapit anggota.

SURABAYA - Dua minggu bekerja di agen air mineral, Viktorian Gajilaja (19), kos di Jalan Bulak Setro III, sudah berulah. Ia nekat mengembat HP milik rekannya di mess Jalan Lebak Jaya Utara. 

Tidak terima dengan perbuatan itu, korban Choirul Yusuf (19), warga Jalan Kedungsari, Temayam, Bojonegoro, melapor ke Polsek Kenjeran. Viktorian akhirnya diringkus polisi di warung giras Jalan Kedung Cowek.

"Tersangka kami tangkap setelah dipancing di warung giras," kata Kanitreskrim Polsek Kenjeran AKP Yudo Hariyono, Selasa (2/10). 

Menurut Yudo, tersangka datang jauh-jauh merantau dari Lamboya, Sumbawa Barat ke Surabaya untuk mencari pekerjaan. Namun tak kunjung dapat hingga perbekalannya habis.

Sampai di Kenjeran, tersangka bertemu dengan juragan agen air mineral dan meminta pekerjaan. Merasa iba, tersangka akhirnya diterima sebagai pengantar air galonan ke pelanggan. "Setiap hari tersangka tidur di mess Jalan Lebak Jaya Utara bersama karyawan lainnya," jelas Yudo.

Tanpa sepengetahuan majikannya, tersangka meminjam pikap untuk belajar mengemudi. Apesnya, mobil yang dikemudikanya menabrak kontainer di gudang hingga kaca bagian depan pecah. 

Tersangka panik dan takut diminta majikannya mengganti. Ia tidak berpikir panjang memilih melarikan diri tanpa pamit dan keluar dari pekerjaannya. "Tersangka berpikir bila kabur ia tidak disuruh mengganti kerusakan," imbuh dia.

Tersangka kemudian balik ke mess untuk mengambil pakaiannya. Saat masuk ke dalam, ia melihat HP milik korban di-charge di lantai. Kesempatan ini dimanfaatkan tersangka untuk mencurinya lalu kabur. 

Korban yang terbangun mendapati telepon genggamnya raib, berusaha mencarinya. Tapi, hasilnya nihil. Kemudian korban mencoba menghubungi nomor HP ternyata tersambung, sehingga melapor ke Polsek Kenjeran. 

Yudo mengungkapkan, saat dihubungi, korban mengenali suara pelaku yang ternyata adalah Viktorian. Korban lalu mengajak janjian bertemu di warung giras. Kali ini, korban mengajak polisi sehingga tersangka berhasil ditangkap. (rio/fer)