Dua Begal Nambangan Dibekuk 

AKBP Antonius Agus Rahmanto saat menanyai Mochamad Arif dan Syaiful Cholik.

SURABAYA - Kurang dari 24 jam, dua pelaku begal di Jalan Nambangan berhasil dibekuk Unit Reskrim Polsek Kenjeran. Mereka disergap saat berobat di RS Soewandhi Jalan Kapas Krampung, Senin (1/10). 

Kedua bandit itu Mochamad Arif (18), dan Syaiful Kholik (21), warga Jalan Bulak Jaya. Sedangkan lima pelaku lain yang ikut beraksi masih diburu polisi. "Diimbau para pelaku segera menyerahkan diri karena identitasnya sudah kami ketahui," tegas Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Antonius Agus Rahmanto. 

Komplotan penjahat jalanan ini terpaksa berurusan dengan polisi menyusul perampasan motor disertai pembacokan terhadap Mochamad Niser (20), warga Jalan Kejawan Putih, di Jalan Nambangan, Minggu (30/9) sekitar pukul 01.30. 

Ketika itu korban berboncengan dengan teman wanitanya mengendarai Yamaha L 2002 AN. Sewaktu melintas di Jalan Nambangan, tepatnya di kawasan batu-batu, korban dipepet tujuh pelaku mengendarai tiga motor dan memaksa Nisder menyerahkan motornya.

Tetapi korban melakukan perlawanan, sehingga salah satu pelaku membacoknya memakai pisau penghabisan dan mengenai tangan kanannya. Tak hanya itu korban juga dikeroyok. Setelah korban tidak berdaya, para pelaku membawa kabur motor korban ke arah Jalan Kenjeran. Sialnya, Arif yang menjoki motor hasil curian mengalami kecelakaan.

Motor yang dikendarai menabrak pohon saat akan berbelok. Anggota Polsek Kenjeran yang mendapatkan laporan adanya kecelakaan segera meluncur ke Jalan Kenjeran. Ternyata, setelah dicek pelaku telah kabur dengan meninggalkan motor milik korban. 

Tidak ingin kehilangan buruan, anggota kemudian menyebar ke klinik atau rumah sakit karena pelaku yang mengalami kecelakaan diduga mengalami luka parah. pelaku ditangkap saat berobat di RS Soewandhi. "Korban juga mengenali wajah pelaku yang membacoknya," imbuh Agus. 

Pengakuan Arif, ia nekat kabur meninggalkan motor karena khawatir aksi kejahatannya diketahui dan tertangkap polisi. "Usai pesta miras, saya bersama teman-teman berencana merampas motor," ujar Arif di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak. (rio/nov)