Dua Jambret Empat TKP Dibekuk 

Ahmad Fauzi dan Remond Billy menunjukkan barang bukti di Mapolsek Sawahan.

SURABAYA - Dua jambret yang beraksi empat kali di beda lokasi dibekuk anggota reskrim Polsek Sawahan, Sabtu (29/9) malam. Kedua jambret tersebut yakni Ahmad Fauzi (19), warga Jalan Ngaglik Kuburan, dan Remond Billy (18), warga Jalan Donorejo Selatan DKA. 

Aksi kedua jambret muda yang selalu menyasar wanita ini, terhenti ketika beraksi di Jalan Arjuno, tepat di depan Apotek Fajar. Saat itu mereka menjambret tas milik Richa Dwi Kurnia (21), warga Jalan Wonorejo III, yang sedang mengendarai motor sendirian. Keduanya memepet motor korban dari kanan dan langsung menarik tas cangklong Richa.

Meski tidak membuat korban terjatuh, namun penjambretan yang dialami Richa membuatnya shock. Terlebih aksi nekat jambret itu terbilang berani karena kondisi jalanan Arjuno yang padat dan ramai. Berkat teriakan Richa usai dijambret, beberapa pengendara lain termasuk korban mengejar motor dua jambret tersebut.

Beruntung tidak jauh dari lokasi terdapat tiga anggota Polsek Sawahan yang sedang berpatroli. Mengetahui teriakan korban para petugas ikut melakukan pengejaran. Kondisi jalanan ramai membuat pelarian kedua  tersangka akhirnya terhenti. Terhambat kemacetan lalu lintas kedua jambret dengan mudah diringkus.

Kanit Reskrim Polsek Sawahan AKP Haryoko Widhi mengatakan, sebelumnya keduanya memang sudah mencari sasaran para wanita yang membawa tas. Aksi penjambretan yang dilakukan di Jalan Arjuno diakui tersangka merupakan aksi keempat. "Kedua tersangka ini memang menyasar wanita sebagai target. Mereka hunting dulu sebelum menjambret." kata Haryoko, Minggu (30/9).

Haryoko juga menambahkan, dalam penjambretan kali ini, Ahmad Fauzi yang bertugas sebagai joki, sedangkan Remond Billy eksekutornya. Selain mengamankan keduanya di Mapolsek Sawahan, polisi turut menyita motor Beat L 6435 TG milik tersangka, dan sebuah tas cangklong korban berisi uang tunai Rp 250 ribu. (haj/nov)