Polda Jatim Musnahkan BB Narkoba

Kapolda Jatim Irjenpol Luki HErmawan bersama instansi terkait menunjukan barang bukti yang akan dimusnakan.

SURABAYA - Polda Jatim memusnahkan barang bukti (BB) narkoba berbagai jenis senilai Rp 28 miliar, Rabu (19/9). Barang haram tersebut hasil pengungkapan 15 kasus dengan menetapkan 24 tersangka.  

“Pengungkapan besar ini dilakukan Ditreskoba Polda Jatim, Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Malang, Polres Tuban, Polres Lamongan, Polres Gresik dan Polres Mojokerto dalam beberapa bulan terakhir,” terang Kapolda Jatim Irjenpol Luki Hermawan.

Lebih lanjut dipaparkan Luki Hermawan, BB yang dimusnahkan itu antara lain ganja 29,1 kg, sabu sabu 13,6 kg, ekstasi 98 butir, pil dobel L 158 ribu butir, dan carnopen 1,54 juta butir. Dalam kegiatan pemusnahan ini, Luki menyebut peredaran narkoba di Indonesia sudah sangat memprihatinkan karena telah menyusup ke berbagai kalangan dan bukan sekadar karena keuntungan besar. 


"Kita ketahui bersama bahwa dewasa ini perkembangan kejahatan narkoba sangat mengkhawatirkan. Narkoba dapat melintasi apa saja mulai dari pejabat pemerintahan, kalangan akademisi, santri hingga pelajar dan mahasiswa. Bisa saja aksi ini semata-mata untuk melemahkan bangsa," lanjut Luki Hermawan.

Untuk itu Luki Hermawan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus berperan aktif dalam memberantas narkoba di Jawa Timur. Salah satunya memberikan informasi bila di daerahnya ada pengguna apalagi pengedar narkoba. Selain itu, Luki Hermawan juga tidak segan-segan menindak anggotanya jika kedapatan bermian-main dengan narkoba. 

“Laporkan saja, dan jelas akan kami tindaklanjuti setiap informasi yang masuk. Karena kami tidak mungkin bisa kerja sendiri untuk memberantas narkoba,” pungkas Luki Hermawan. (tyo/nov)