Gagal Curi Burung, Remaja Jarak Dimassa

Saiful menunjukkan burung miliknya yang menjadi sasaran pencurian.

SURABAYA - Seorang remaja menjadi sasaran amuk warga ketika tertangkap basah mencuri burung di kawasan Jalan Punden II, Putat Jaya VI A, Selasa (31/7) pukul 02.00. Remaja belasan tahun tersebut ditangkap oleh pemilik burung Saiful (31), sebelum diserahkan ke Mapolsek Sawahan.

Saiful menceritakan awal mula pencurian tersebut ketika ia terbangun pada tengah malam karena mendengar suara ramai di kandang burung depan rumahnya. Karena kecurigaan tersebut, Saiful bergegas keluar melihat apa yang terjadi. 

Saat itu juga ia melihat tiga remaja mencuri salah satu lovebird miliknya. Sontak, Saiful meneriaki dan membuat kabur ketiga remaja pencuri tersebut. Namun, salah seorang remaja tak bisa kabur karena keburu ditangkap oleh Saiful sendiri dan beberapa warga lain. Remaja tersebut pun sempat menjadi sangsak hidup, meskipun tak sampai membuatnya terkapar. 

“Saya kejar, dia kan gak sempat lari jauh, karena dia yang ambil. Kalau dua temannya yang lain langsung lari,” ujar Saiful.

Atas inisiatif warga dan dirinya, remaja tersebut akhirnya diserahkan ke Mapolsek Sawahan. Namun Saiful mengatakan, meskipun menyerahkan remaja tersebut ke petugas kepolisian,  ia segera mencabut laporannya tersebut. Sebab, ia beralasan tak tega dengan remaja yang diketahui merupakan warga Jalan Jarak tersebut. Saiful sendiri mengaku, mengenali remaja tersebut.

“Iya memang saya Ke Polsek Sawahan, tapi langsung saya cabut laporan saya. Saya gak tega mas karena anaknya sedikit stres. Saya tau dia anak jaga warkop, pernah ketemu saya. Lagian dia sudah gak punya orang tua,” jelasnya. 

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Sawahan AKP Haryoko Widhi membenarkan kasus penyerahan pelaku pencurian tersebut. “Iya memang ada percobaan pencurian itu,” ungkapnya. (haj/tyo)