Dua Bandit Pakis Tumbang

Dua jembret yang diamankan di Mapolsek Tegalsari.

SURABAYA - Kegeraman polisi terhadap penjahat jalanan di ambang batas. Terlebih belakangan aksi penjambretan semakin menggila. Seperti yang dilakukan tim Antibandit Polsek Tegalsari yang menembak kaki seorang jambret asal Jalan Pakis.

Satu tersangka masih diberi ampun karena berhasil diringkus usai terjatuh dari motor sport yang dipakai sebagai sarana kejahatan tersebut. Dua jambret itu yakni Agel Saputra (23), warga Jalan Pakis III dan M David (21), warga Jalan Pakis Wetan.

Agel terpaksa dilumpuhkan kaki kirinya lantaran berusaha menabrak petugas yang hendak meringkus. “Setiap beraksi mereka selalu mengendarai motor sport,” ungkap Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo, Kamis (26/7).

Bahkan, menurut David tidak jarang tersangka juga mengancam para korban dengan senjata tajam. Informasi yang digali, tersangka yang mengendarai motor Honda CBR L 2141 UD memperdayai Kusniati, warga Kedung Klinter. Korban yang mengendarai motor dan melintas di Jalan Arjuno menjadi incaran karena membawa tas cangklong. 

Dengan gerak cepat, tersangka berhasil merampas tas korban. Meski begitu, Kusniati sempat berteriak meminta tolong. Secara kebetulan, beberapa anggota Polsek Tegalsari mengetahui kejadian tersebut dan melakukan pengejaran. Saking paniknya, seorang tersangka (David) terjatuh hingga mampu diamankan.

Sedangkan, Agel kabur ke arah Jalan Kedungdoro-Jalan Kedungsari dan berbelok ke Jalan Kombespol M Duryat. Di sana polisi yang melakukan penggal jalan berhasil menghadang laju motor Agel. Nekatnya, Agel yang lihai mengendarai motor sport berusaha menabrak polisi.

Mendapati itu, kaki kiri Agel lalu dilumpuhkan dengan tembakan. Akibatnya, Agil tersungkur bersama motor warna hitam kombinasi merah itu. Hingga kemarin selain mengamankan barang bukti motor sarana yang dikendarai, juga diamankan tas milik korban.

“Kami masih terus mendalami penangkapan dua jambret tersebut. Disinyalir mereka tergabung engan kelompok lain. Ini yang masih terus kami kembangkan dan dalami,” tegas David. (yok/nov)