Jarah Sepeda, Remaja Bertato Dimassa

Rizky Kharisma

SURABAYA - Apes dialami Rizky Kharisma Rahman (19), warga Jalan Kebonsari Tengah. Gegara tepergok mencuri sepeda angin di Jalan Gayung Kebonsari Timur, ia jadi sasaran amuk warga setempat.

Keinginan Rizky membeli dan menenggak minuman keras (miras), sirna berganti malapetaka. Massa yang kadung emosi, enggan melepaskan bogeman mentah ke tubuh tersangka. Meski tidak sampai fatal, Rizky berhasil diamankan anggota Polsek Gayungan yang tiba di lokasi usai ada laporan.

Hingga Kamis (19/7), pemuda yang badannya penuh tato itu dijebloskan ke tahanan Mapolsek Gayungan. Dari kejadian itu polisi mengamankan sebuah sepeda angin milik Hargo (38), warga Jalan Gayung Kebonsari Timur. Pengakuan Rizky, aksi pencurian dilakukan setelah beberapa hari ia mengamati kondisi rumah korban.

Kebetulan, selama ini sepeda milik korban selalu diparkir di teras rumah dan tak pernah dikunci. Setelah memastikan tak ada penghuni rumah yang terlihat, tersangka bergegas memasuki pekarangan rumah korban.

Tanpa kesulitan, tersangka akhirnya berhasil membawa kabur sepeda tersebut. Merasa aman-aman saja, Rizky berharap barang yang dijarahnya dapat dijadikan uang untuk membeli miras. Sialnya, beberapa meter meninggalkan rumah korban, seorang tukang becak memergoki.

Bahkan, saksi itu berteriak maling yang mengundang perhatian pemilik rumah dan sebagian warga. Kaget dan ketakutan, tersangka langsung berlari ke arah bengkel yang letaknya tidak jauh dari rumah korban. Ia juga meninggalkan sepeda yang dicuri karena memilih selamat dari kejaran massa. 

Ternyata, sejumlah warga bersemangat untuk menangkap basah tersangka. Sampai akhirnya, nasib Rizky tidak lagi beruntung karena terkepung dan tertangkap. Dongkol bercampur emosi, gantian warga yang  melayangkan pukulan dan tendangan ke arah tersangka.

“Kebetulan anggota patroli hingga mendatangi lokasi untuk  mengamankan tersangka,” ungkap Kanit Reskrim AKP Philips mendampingi Kapolsek Gayungan Kompol A Lukito.

Kepada penyidik tersangka mengatakan, keinginan mencuri sepeda karena butuh uang buat makan. Selain itu, selama ini Rizky juga ketagihan menenggak miras. “Maunya sepeda angin saya jual dan uangnya buat tambahan beli miras,” ujar Rizky. (yok/nov)