BNNP Gagalkan Pengiriman Ganja ke Surabaya

Eko Prasetyo (kaos merah) bersama petugas.

SURABAYA - Anggota Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Timur, menggagalkan pengiriman paket ganja dari Kota Kualanamu, Medan menuju Ke Surabaya, Sabtu (9/6) . Rencananya kiriman itu melalui jalur udara.

Satu tersangka yang diringkus yakni, Eko Prasetyo (26), warga Jalan Temengggungan, Kelurahan Petungasri, Pasuruan. Dari tangan tersangka, petugas menyita barang bukti delapan paket ganja seberat tujuh kg. Canabis sativa tersebut disimpan dalam kardus berwarna cokelat. 

Informasi yang dihimpun Memorandum, penangkapan bermula dari informasi yang diperoleh petugas adanya kiriman ganja dari Medan menuju Surabaya melalui jalur udara. Untuk memastikannya, petugas selanjutnya melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan dan pihak ekspedisi. Tujuannya memastikan kiriman tersebut adalah ganja. 

Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, anggota BNNP selanjutnya menunggu barang yang dimaksud diambil oleh pemiliknya. Beberapa jam menunggu, petugas mendapati barang tersebut ternyata diambil tersangka dan langsung disergap berikut barang buktinya. 

Kabid Pemberantasan BNNP Jatim AKBP Wisnu Chandra menjelaskan pihaknya selanjutnya melakukan pengembangan terhadap jaringan yang berada di Jawa Timur dan Sumatera Utara. Pihaknya juga akan segera melakukan pengejaran terhadap oknum-oknum yang terlibat dalam bisnis narkoba tersebut. “Selain itu, kami akan melakukan penelusuran terhadap aliran dana yang terkait di dalamnya,” tegasnya. (cr-8/nov)