Sales Mobil Diganjar 8 Bulan

Dea Novelia Agniesya mendengarkan putusan majelis hakim.

SURABAYA - Divonis 8 bulan, Dea Novelia Agniesya, sales PT Srikandi Diamond Indah Motors langsung menangis di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa (4/9).

Meski berat, sales cantik yang menggelapkan uang Rp 13 juta itu tetap menerima putusan majelis hakim yang diketuia Dwi Purwadi. “Kami menerima Pak Hakim,” ujar Dea dan langsung menandatangi berkas di panitera pengganti ini.

Sebenarnya vonis yang dijatuhkan majelis hakim jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Suparlan, di mana sebelumnya dituntut 1 tahun 3 bulan penjara. 

“Kami sependapat dengan dakwaan jaksa dalam pasal 374 KUHP jo pasal 64 ayat (1) KUHP. Hal yang meringankan, terdakwa mengakui salah dan mengembalikan uang yang digelapkan,” ujar Dwi Purwadi.

Seperti dalam dakwaan, terdakwa yang bekerja di bagian sales counter bertugas menawarkan dan menjualkan mobil Mitsubishi. Namun, uang yang disetorkan customer tidak diserahkan terdakwa ke kasir. 

Selain itu, uang customer lain yang akan membeli aksesoris mobil juga ditilap. Akibat perbuatan terdakwa, perusahaan mengalami kerugian Rp 13 juta. (fer/tyo)