Kasus Sipoa: Polda Telusuri Orang Dekat Teguh Kinarto

Teguh Kinarto

SURABAYA - Petugas Subdit Harda Bangtah (harta, benda, bangunan, dan tanah) Ditreskrimum Polda Jatim terus mengembangkan kasus dugaan penipuan PT Sipoa Group. Di mana juga menyeret bos properti asal Surabaya Teguh Kinarto.

Bahkan, setelah memintai keterangan yang bersangkutan dalam dugaan kasus penipuan perumahan dengan korban hingga ribuan itu, kini polisi terus menelusuri siapa saja yang terlibat. Ini termasuk menelusuri orang-orang dekat Teguh yang belakangan juga diketahui salah satu pemegang sahamnya.

Kasubdit Harda Bangtah AKBP Ruruh Wicaksono membenarkan bila pihaknya telah memintai keterangan pada Teguh. “Yang bersangkutan telah kita mintai keterangan sebagai saksi,” ucap Ruruh mendampingi Direskrimum Polda Jatim Kombespol Agung Yudha Wibowo, Senin (6/8).

Ditambahkan pula bila selama ini Teguh yang merupakan bos PT Solid Gold merupakan salah satu pemegang saham di PT Bumi Samudra Jedine, yang merupakan perusahaan di bawah naungan PT Sipoa Group.

Kabarnya, di perusahaan ini diduga anak Teguh juga memiliki keterkaitan dalam operasional perusahaan. Karena itu tak menutup kemungkinan pula petugas juga melakukan pemeriksaan pada yang bersangkutan. “Kami melakukan pemeriksaan terkait dugaan penggelapannya saja,” imbuh Ruruh.

Namun demikian, pemeriksaan itu dipastikan akan terus berkembang serta tak menutup kemungkinan akan menyeret Teguh sebagai tersangka. Ketika dikonfirmasi ke penasihat hukum Teguh Kinarto, Tonic Tangkau, hingga kemarin malam selularnya tidak ada nada dering. Teguh sendiri ketika dihubungi selularnya sempat mengangkat dan mengaku kalau sedang tidak enak badan. “Maaf saya sedang sakit,” ujarnya singkat. (yok/nov)