Beli Sabu, Tiga ABG Divonis 2 Tahun 9 Bulan

Para terdakwa dibawa ke ruang sidang anak. 

SURABAYA - Hakim tunggal FX Hanung, Kamis (26/4), memvonis tiga anak di bawah umur yang tersandung narkoba, masing-masing dua tahun sembilan bulan. Ketiga terdakwa yaitu AP (17), warga Jalan Petemon I; FDR (16), warga Jalan Kedung Anyar Gang  2; dan RFA (16), warga Jalan Kedungdoro Gang 9.

 Mereka akan menjalani pidana pelatihan di kerja di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Blitar. “Menjatuhkan pidana terhadap tiga anak ini  berupa pidana penjara masing-masing selama dua tahun sembilan bulan, dikurangi selama para anak berada di dalam tahanan,” jelas Hanung.  

Selain itu juga pidana pelatihan kerja masing-masing selama tiga bulan di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Blitar. Vonis hakim lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chalida K Hapsari, selama 4 tahun dan pidana pelatihan kerja masing-masing enam bulan di LPKA Blitar.

Jaksa menjerat ketiga terdakwa dengan Pasal 112 ayat (1) jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. 

Terpisah Fariji, penasehat hukum ketiga terdakwa dari LBH Lacak menambahkan, vonis yang dijatuhkan hakim lebih ringan dari tuntutan JPU. “Hakim membantu meringankan putusan saja. Karena terbukti memakai, ada barang, dan tidak ada kata pemaaf,” jelas Fariji.

Lanjut Fariji, di LPKA Blitar nanti mereka bukan di penjara tetapi seperti asrama. “Ada guru dan betul-betul diawasi serta belajar,” tegas Fariji.(fer/tyo)

 

  • 10 TERPOPULER
  • 10 TERBARU