Peringati HKGB Ke-66: Ketua Bhayangkari Tuban Bagikan Ratusan Akte Kelahiran Gratis

Ketua Bhayangkari Cabang Tuban Ny AKBP Nany Nanang Haryono, didampingi Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono menyerahkan akte kelahiran secara simbolis.

TUBAN - Bertepatan dengan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkara (HKGB) Ke-66 Tahun 2018, Sabtu (18/8) pukul 08.30, Ketua Bhayangkari Cabang Tuban Ny Nany AKBP Nanang Haryono, membagikan 100 lembar akte kelahiran gratis bagi warga yang kurang mampu di Tuban.

Acara yang berlangsung di aula Gedung Serba Guna Polres Tuban, dihadiri oleh seluruh pejabat teras di lingkungan Polres, Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono SH SIK MSi, Wakapolres Tuban Kompol Teguh Priyo Wasono SIK.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs Agus Supriyono Hadi MM, Kepala Bidang Disdukcapil Anita, Kasat Binmas, Kasat Narkoba, dan jajaran Pengurus Bhayangkari Cabang Tuban. Acara itu mendapatkan sambutan yang positif dari seluruh perwakilan masyarakat di setiap kecamatan yang hadir. Ada 19  warga yang menerima akte secara simbolis, dan selebihnya akan dibagikan kepada mereka yang berhak menerima. Sesuai data yang tertera.

Menurut Ketua Bhayangkari Cabang Tuban Ny AKBP Nany Nanang Haryono mengatakan, kegiatan bakti sosial merupakan rangkaian kegiatan HKGB ke-66. Dimana sesuai dengan instruksi Ketua Umum (Ketum) pusat, seluruh Bhayangkari di penjuru tanah air, untuk melakukan kegiatan sosial melalui pembuatan akta kelahiran. 

Melalui kegiatan sosial berupa pelayanan administrasi akte kelahiran ini diharapkan masyarakat khususnya yang tidak mampu bisa terbantukan. "Karena masih banyak warga masyarakat Kabupaten Tuban yang belum mendapatkan layanan akta kelahiran secara menyeluruh, untuk itu kegiatan ini hendaknya bisa membantu mereka," tegasnya.

Kegiatan yang di gelar di gedung serbaguna tersebut bertujuan Untuk mempermudah mengurus Akte Kelahiran kepada masayarakat maupun keluarga anggota Polri khususnya di wilayah Polres Tuban karena masih banyak anggota masyarakat yang belym memiliki Akte Kelahiran.

Sementara itu terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kab Tuban, Agus Priyono memberikan apresiasi kepada jajaran Polres Tuban dan ucapan terima, karena telah membantu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pembuatan Akte.

Hal ini tentunya juga sebagai bentuk realisasi Program Pemerintah. "Untuk pembuatan Akte Kelahiran dan dokumen kependudukan yang lain sekarang secara administrasi digratiskan. Jadi bagi anggota polisi dan masyarakat yang belum mempunyai akte bisa mengurangi ke kantor Disdukcapil," pungkas dia. (cw-1/har/yok)