Baru Menjabat, AKBP Nanang Hariyono Berangus Peredaran Miras

AKBP Nanang Hariyono memberikan sambutan sebelum pemusnahan miras.

TUBAN - Keberhasilan Polres Tuban di bawah komando AKBP Nanang Hariyono telah terbukti. Meski belum genap satu bulan menjabat, tetapi sudah melakukan gebrakan luar biasa. Perwira dengan pangkat dua melati di pundaknya itu berhasil mengungkap dan memberantas peredaran minuman keras (miras) di Bumi Wali-sebutan untuk Kabupaten Tuban.

 

AKBP Nanang Hariyono bersama forkopimda dan tokoh masyarakat menunjukkan barang bukti.


Puluhan ribu liter miras berhasil diamankan. Rinciannya sebanyak 1.302,75 miras siap minum yang dikemas dalam botol kaca, 29.845 liter arak baceman, 113 botol anggur kolesom, 31.5 liter anggur, 6.2 liter ginseng dan 8 dandang yang digunakan untuk memroduksi miras. Semuanya telah dimusnahkan di halaman Mapolres Tuban.

Kapolres membuka botol miras.


Bagi Kapolres Tuban AKBP Nanang Hariyono, peredaran miras memang perlu disikapi tegas dan harus diberantas. Sebab keberadaannya bisa membawa dampak negatif bagi masyarakat. Terlebih miras yang dicampur dengan zat-zat lain. Dampaknya sangat berbahaya dan dapat membunuh. “Kami akan terus melakukan operasi dan tidak akan berhenti sampai di sini saja,” tegasnya, kemarin (16/5).

Puluhan ribu liter miras sebelum dimusnahkan.


Sejumlah upaya telah dilakukan. Tidak hanya melakukan penggerebekan. Namun, Kapolres Tuban juga berusaha melakukan upaya pencegahan. Misalnya dengan cara meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan banyak elemen, serta menginformasi yang bertujuan untuk memberikan pendidikan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh pelosok Kabupaten Tuban. “Upaya ini juga akan terus digalakkan,” imbuhnya.

 

AKBP Nanang Hariyono didampingi salah satu tokoh agama menunjukkan barang bukti miras.


Secara terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban Budi Wiyana menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi atas kinerja Polres Tuban. Menurutnya, kegiatan tersebut sengaja dilakukan dan bersinergi dengan program Pemkab Tuban dalam upaya mengurangi dampak terkait keberadaan miras. “Terutama peningkatan kinerja Polres dalam memerangi miras dan peredarannya,” ungkapnya.

Pemkab berharap, seluruh masyarakat dan stakeholder ikut bahu membahu dan bekerja sama memerangi peredaran miras di daerah setempat. Kontribusi masyarakat sangat penting untuk mendukung tercapainya program Pemkab Tuban dan Polres Tuban dalam memerangi miras. “Kami harapkan, kegiatan ini bukan hanya seremonial semata, tetapi juga menjadi bukti dan komitmen aparat penegak hukum dalam rangka operasi miras yang akan terus berlangsung,” tandasnya. (ron/har/yok)