Tinjau Pasar Baru Tuban, Kapolres Pastikan Harga Bahan Pokok Aman

Kapolres Tuban AKBP Nanang Hariyono sidak sembako di Pasar Tuban.

TUBAN - Memasuki Ramadan, tim gabungan Polres Tuban dan organisasi perangkat daerah (OPD) melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Baru Tuban, Rabu (16/5) kemarin. Mereka ingin memastikan bahwa harga di pasaran tetap stabil (aman) saat bulan puasa. 

Pantauan di lapangan, Kapolres Tuban didampingi Kasat Reskrim AKP Iwan Hari Poerwanto dan Kasat Intel Polres Tuban AKP M Soleh. Bersamaan itu juga ada Kepala Dinas Koperindag Agus Wijaya, Kabid BPOM Dinkes Tuban Esti Surahmi.

Kapolres memantau penjual daging.


Kapolres Tuban AKBP Nanag Hariyono menjelaskan, tujuan kunjungannya turun ke pasar untuk memastikan terkait kenaikan, atau penurunan barang kebutuhan pokok di bulan ramadan ini. Selain itu, petugas juga memastikan tidak ada oknum pedagang yang berbuat curang. "Saya akan bekerja keras menurunkan anggota saya untuk menindak pedagang yang nakal," jelas Kapolres Tuban, kemarin.

Kapolres mendengarkan penjelasan dari pejabat dinas terkait.


Selain mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok, tim gabungan juga memantau masa kedaluwarsa sejumlah barang. Khawatirnya masih tetap dijual di pasaran. “Tapi saat sidak (inspeksi mendadak) berlangsung petugas tidak menemukan barang kedaluwarsa,” tandasnya.

 

Kapolres berbincang dengan penjual nasi di Pasar Tuban.


Hanya saja, tidak dipungkiri bahwa tim gabungan mencurigai sejumlah barang dagangan kerupuk menggunakan zat pewarna. Padahal, bahan pewarna makanan itu bisa mengganggu kesehatan jika dikonsumsi. “Petugas langsung memberi teguran dan pedagang berjanji tidak mengulanginya,” imbuh dia.

 

Kapolres berbincang dengan tukang becak di depan Pasar Tuban.


Dapat diketahui, untuk perkembangan harga daging kambing mengalami sedikit kenaikan. Sebelumnya harga perkilonya berkisar Rp 35 ribu. Kini naik menjadi Rp 38 ribu perkilo. "Harga telor tidak ada kenaikan, harganya tetap sama. Begitu pula harga beras, cabe, bawang dan beberapa kebutuhan lainnya tidak mengalami kenaikan," ujar pedagang di pasar tersebut. (ron/har/yok)