Polres Tuban Tertibkan Industri Arak Rumahan

foto: ilustrasi

TUBAN - Kejadian tewasnya warga akibat menengak minuman keras yang dioplos dengan beberapa bahan kimia, yang marak terjadi akhir-akhir ini di berbagai daerah di Indonesia, menjadi perhatian serius Polres Tuban. 

Tak ingin kejadian serupa  menimpa masyarakat di Tuban, mereka bekerja secara maraton membatasi ruang gerak masyarakat yang sengaja memproduksi minuman beralkohol. Apa lagi Bumi Wali sendiri terkenal dengan kabupaten pembuat minuman beralkohol jenis arak.

Hasil pengintaian yang dilakukan jajaran kepolisian pun tidak sia-sia, Kamis (19/4) lalu, Unit Resmob Polres Tuban  menggerebek industri rumahan yang diduga memproduksi minuman memabukan jenis arak. Tak tanggung-tanggung dalam penggerebekan itu polisi mengamankan tiga buah drum berisikan puluhan liter arak. 

Kabag Humas Polres Tuban Iptu Agus Edy Pranoto mengungkapkan, saat ini barang bukti dan pelaku yang bernama Makrum, warga Desa Jadi, Kecamatan Semanding, sedang diperiksa di Polres Tuban. 

Dari pengakuan tersangka barang memabukkan tersebut akan dijual ke beberapa darah di Indonesia seperti Surabaya, Semarang, dan Lamongan. 

Dari tangan tersangka polisi mengamankan barang bukti berupa satu selang transparan tiga buah liter arak yang dikemas dalam botol plastik dan sejumlah barang bukti lainnya. Tersangka akan dijerat dengan UU pangan dengan ancama hukuman di atas dua tahun. (cw-1/har/be)