Gelapkan 5 Mobil, 2 Orang Dibekuk

Dua tersangka penipuan dan penggelapan mobil di Mapolsek Sukodono.

SIDOARJO-Unit Reskrim Polsek Sukodono meringkus dua pelaku penipuan dan penggelapan lima mobil, Selasa (9/10). Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti empat mobil.

Dua tersangka yang kini dijebloskan ke penjara adalah Moch Rowi (41), warga Dusun Kedayon, RT 12/RW 04, Desa Sumput, Kecamatan Sidoarjo dan Pamungkas Pramono (30), warga perumahan Pondok Marinir, Desa Masangan Kulon, Kecamatan Sukodono.

Kedua tersangka ditangkap di lokasi berbeda. Rowi ditangkap di tempat persembunyiannya di Dusun Kampak, Desa Pilang, Kecamatan Wonoayu. Sedangkan Pamungkas diamankan di Desa Masangan Kulon, Sukodono. Kasus yang melibatkan mereka juga berbeda atau bukan satu komplotan.

Dari tangan Pamungkas, polisi mengamankan empat unit mobil CV Berkah Trans Rent-Car, alamat perumahan Puri Bagus A-16 Desa Sedengan Mijen, Kecamatan Krian, yakni dua unit Xenia W 1651 YH dan W 1651 YI, satu unit Ertiga S 1732 SR dan satu unit New Avanza W 1380 RS.

Dari tangan Rowi, polisi juga mengamankan satu buah kunci kontak/kunci serep dan satu buku BPKB mobil Grand Max L 9272 VA milik korban bernama H Agus Suwiyono (60), warga Desa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono. Sayangnya mobil milik Agus belum dilakukan penyitaan sebagai barang bukti karena penadahnya belum ditemukan.

Kapolsek Sukodono AKP Sumono mengatakan, kedua tersangka tidak saling berkaitan kasusnya. Hanya saja kasus yang menjeratnya sama, yakni penipuan dan penggelapan mobil. “Tersangka Rowi, modusnya menyewa mobil. Karena tidak dapat membayar sewa, mobil dijual ke orang lain. Beda dengan Pamungkas, empat mobil yang disewanya tidak juga dikembalikan, hingga pemilik rentcar melapor ke polisi,” ujar dia.

Sumono menegaskan, penyidikan kasus ini masih berlanjut dan akan dikembangkan terus. Barangkali ada korban lain yang belum sempat melapor. “Pemeriksaan lebih lanjut, kedua pelaku berikut barang bukti kita amankan di Mapolsek Sukodono,” tegas dia.(med/jok/be)