LAKONE: Bekerja dengan Hati 

Noviana Aini

SEBAGAI pekerja sosial yang ditekuninya selama puluhan tahun membuat Noviana Aini selalu bersemangat. Bahkan dirinya sudah bertekat jika pekerjaannya adalah bagian dari perjuangan. Kuncinya, tidak pernah patah semangat dan bekerja dengan hati. 

Dosen Institut Keislaman Abdullah Faqih (INKAfA) Gresik ini mengaku, perjuangan itu diterapkan dengan melakukan pendampingan bagi warga miskin. Seperti pendampingan dan edukasi pada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di program pemerintah keluarga harapan. "Pendampingan itu bagian dari pengentaskan kemiskinan," ungkapnya. 

Dikatakan, pekerjaan tersebut harus dilandasi komitmen yang tinggi. Apalagi pekerjaanya berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. "Semua harus dilandaskan dengan hati. Supaya apapun pekerjaan kita tidak merasakan berat," jelas suami dari Maslukin Musda itu. 

Karena itu dia berpesan kepada pekerja sosial seluruh Indonesia untuk bekerja dengan hati. “Tidak ada yang membahagiakan dalam hidup selain dapat bermanfaat bagi sesama dan bekerja dengan hati," kata alumnus UIN Sunan Kalijaga yang saat ini telah menjadi pekerja sosial supervisor di PKH Kabupaten Gresik. (aam/har/yok)